19 September, 2008

Mengapa Gula Tidak Basi Atau Berjamur..?

Sekarang kita mencari tau ya kenapa gula tidak berjamur dan membasi..inilah jawabannya..

Sesungguhnya semua mahkluk hidup bisa mencerna gula dengan mudah, lalu mengapa gula tidak mengalami kerusakan yang sama seperti tepung terigu atau bahan dapur lainnya..?
Karena sesungguhnya gula itu mempunyai kandungan air yang luar biasa rendah dan biasanya sekitar 0,02%, gula juga cenderung menyerap air dari organisme2 mikro yang menyebabkan jamur. seperti kata John A. Kolberg, wakil ketua operasi di Spreckels Division Of Amstar Corporation, " Molekul2 air terdifusi atau pindah lebih cepat dari tubuh jasad renik daripada yang masuk kedalam tubuh mereka. Oleh karena itu, akhirnya jasad renik mati karena kekurangan cairan tubuh". Kadar air yang rendah dalam gula juga menghalangi perubahan2 kimia yang dapat menyebabkan pembusukan.

Bagaimanapun semua sifat2 tadi hilang ketika gula dilarutkan kedalam air dan makin encer larutan gula maka makin besar kemungkinan hidup ragi didalamnya. Bahkan penyimpanan ditempat terbuka yang lembab selama beberapa hari memungkinkan gula menyerap uap air cukup banyak untuk membantu pertumbuhan jamur dan lain2nya.

menyimpan gula dalam wadah kedap udara akan mencegah penyerapan uap air dari udara lembab sekitarnya. Apabila disimpan dalam udara yang tidak terganggu oleh perubahan temperatur dan kelembapan, gula bisa mempertahankan kandungan air 0,02 persennya dan bisa disimpan dirak sampai kapanpun.




No comments: