02 July, 2010

Diabetes Teman Hidupku..(Part 1)


Dokter bilang, " Kamu memerlukan insulin untuk mengawal diabetes dalam tubuhmu ". Mungkin blog yang aku tulis ini bukanlah sebagai pengganti nasehat dokter,melainkan sebagai kongsian untuk kita bersama. Nasehat dokter masih sangat kita perlukan sekali karna nasehat mereka lah yang membuat kita merasa nyaman dan bisa hidup menjadi lebih manis.
Mungkin ada berbagai pertanyaan yang sering diucapkan oleh pesakit2 diabetes. Ini adalah pertanyaan yang biasa mereka tanyakan kepada dokter :

Mengapa saya tidak boleh terus memakan obat tablet anti diabetes?
Tablet anda sudah tidak lagi berkesanseperti sebelumnya, karna semakin lama bagi mereka yang terkena sakit diabetes type 2 perlu menukar dari tablet menjadi insulin. Kenapa ini dilakukan, karena ini bertujuan untuk mengawal gula darah dalam darah dengan lebih baik.

Kenapa sebagian penderita diabetes boleh terus minum obat tablet untuk tempoh waktu yang cukup panjang?
Untuk setiap penderita diabetes, mereka mempunyai respon yang berbeda-beda dengan tablet yang mereka minum. Seringkali dia berkaitan dengan bagaimana cara pangkreas itu sendiri berfungsi. Ada sebagian penderita diabetes type 2 yang boleh dirawat dengan minum tablet untuk jangka waktu yang bertahun-tahun lamanya dan sementara penderita lainnya pula masih memelurkan insulin tidak lama setelah itu.

Jikalau aku dikasihtau untuk menggunakan insulin, adakah ini bermaksud penyakit diabetes saya bertambah serius?
Kalau sistem pembekalan insulin semulajadi di dalam tubuh menjadi " sangat minim atau letih " maka tablet yang kita minum tidak akan berkesan lagi. Kamu memerlukan insulin untuk mengawal kadar gula dalam darah. Kalau tubuh kamu tidak dapat menghasilkan insulin dengan cukup, Insulin jangka pendek akan membantu untuk mnegawal Diabetes kamu.

Mengapa Kita perlu memperbaiki Diabetes?
Mengawal atau memperbaiki Diabetes dengan baik boleh mencegah komplikasi Diabetes dan ini akan memberi efek kepada bagian tubuh seperti Mata, Ginjal, Sistem Saraf, Jantung, Tangan dan Kaki anda. Kalau Komplikasi sudah wujud dalam tubuh anda, Diabetes yang baik dapat memperlahankan perkembangan komplikasi Diabetes anda.

~ To Be Continue ~

2 comments:

Denni Pascasakti said...

Ranty...
Jujur saja aq gag begitu mengerti mengenai penyakit diabetes..
Tapi kok kamu sebegitu tertariknya dengan diabetes ran? bahkan salah satu buku favoritmu "all about diabetes"...
Namun info tentang diabetes ini bisa menambah ilmuku seputar diabetes..
Aq tunggu part II nya yah...

NduTy88 said...

karna aku sendiri adalah penderita diabetes,denn..
makanya aku sangat tertarik dengan penyakit ini..
hahahahahaahahhahaa....

sudah kok,udah di update tuh yang part II
hahahahahhahahahaha.....