21 April, 2009

Diabetes Disekitar Anda?

Diabetes Disekitar anda? hmm,mungkin saja teman anda,keluarga anda bahkan bisa juga anak anda sendiri penderita diabetes. Diabetes bisa datang kapan saja dan dimana saja kamu berada, yang paling asas datangnya diabetes adalah dari cara pola kehidupan kamu. Selain itu,mungkin didalam sejarah keluarga ada yang punya bakat atau pembawa diabetes. Sebenarnya Diabetes itu seperti apa seh? Diabetes Mellitus itu sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang artinya Diabainein " Tembus " atau pancuran air, dan kata Mellitus itu " Rasa Manis " Yang umumnya dikenal sebagai kencing manis adalah penyakit yang mengalami kadar gula darah yang berlebihan atau terus menerus, dan yang paling sering terjadi adalah setelah makan. Diabetes juga adalah keadaan hiperglikemia kronik yang adalah kelainan pada metabolik akibat gangguan hormonal yang bisa menyebabkan berbagai komplikasi pada Mata,Ginjal,Jantung bahkan Pembuluh Darah dan masih banyak lagi yang laennya.

Accu Chek

Setiap penderita memerlukan alat ini untuk mengukur gula darahnya dan aku juga punya dirumahku karna aku memerlukan alat ini sewaktu2 aku perlukan. Dia sangat membantu aku untuk mengontrol kadar gula dalam badanku sendiri,krna kalau bukan aku yang jaga diriku sendiri siapa lagi?! kalau Type 1 seperti aku,biasanya kita menggunakan Insulin. Dan insulin itu gunanya untuk menurunkan kadar gula di dalam tubuh kita supaya gula kita tidak tinggi atau hiper.

Insulin

Catatan Kadar Gula

Buku catatan kadar gula ini penting banget buat penderita. Setiap dia mengukur kadar gula harus di catat, karna ini bisa membantu si penderita untuk mengawal kadar gula dalam badannya sendiri. Biasanya 2 jam sebelum dan 2 jam setelah makan. kalau hasil 2 jam setelah makan itu tinggi atau melebihi angka 200,maka segeralah kamu menggunakan rumus 2x2 yang diberikan oleh sang dokter. Itu yang aku pelajari selama aku menjadi penderita.

Buku Diabetes

Penderita memerlukan buku panduan untuk dibaca2 atau dipahami dan di mengerti, apa yang seharusnya dilakukan sebagai penderita diabetes. Tidak sedikit yang menyandang sebagai penderita diabetes,bahkan ada yang baru lahir sudah mempunyai Diabetes. Apa tidak lebih kasian krna sang sabyi harus dikasih insulin oleh ibunya sendiri dan selain itu juga harus mengontrol pola makan sehari harinya penderita.

sebenarnya Diabetes itu tidak susah,asalkan kita mempunyai kemauan untuk sembuh. Dimana ada kemauan,pasti dsana ada jalan. Jadi Buat Penderita yang laennya,janganlah kamu mudah putus asa dengan apa yang sudah kamu jalani selama ini. Aku yang sudah jalan 7 tahun sebagai Penderita aja sepertinya berat, Namun apa dayaku dan aku harus tetap terus maju kalau mau sembuh. Jadi kamu juga jangan putus asa dengan penyakit kamu yah..
Semangaaat..!!

~ RanTy ~

1 comment:

Denni Pascasakti said...

sudah 7 tahun..?
Jangan menyerah y ran..
Semangaaat...
Semoga kesembuhan akan diberikan Tuhan kepadamu ran..
Ganbate