29 October, 2008

" Mobil Supersonik Bukan Dalam Khayalan Lagi "


Sudah pernah dengar Mobil supersonik bukan? tentunya donk yah,nah ada apa seh sama mobil ini sebenarnya? Dalam 3 tahun kedepan ini,mobil supersonik yang kecepatannya melebihi kecepatan suara bukan dalam khayalan kita lagi. Peneliti di inggris sedang merancang pembuatan mobil ini dan targetnya dapat menguji coba pertama kali pada tahun 2011 mendatang.

Mobil yang diberi nama Bloodhound SSC (super sonic car) ini didesign untuk dapat melesat dipermukaan tanah dengan kecepatan lebih dari 1600 kilometer/jam yang rata seperti danau garam di AS. Projek ini dilakukan secara rahasia sejak 18 bulan yang lalu di hanggar pesawat di Bristol dengan biaya pembuatan sekitar 12 juta pounds dan pembuatan mobil ini adalah impian Drayson, seorang pencinta mobil yang ingin generasi muda inggris tertarik mendalami iptek dan rekayasa teknik.

Tim Bloodhound rencananya akan menyelesaikan projek mereka dalam waktu kurang dari 1 tahun lagi. Namun, rekor kecepatan yang diinginkan dan diharapkan tercapai dalam 3 tahun. Mesin yang digunakan untuk mobil tersebut merupakan jet Eurofighter Typhoon dengan tambahan roket sehingga menghasilkan daya dorong 20.000kgf dan rodanya yang masing2 berdiameter 900 milimeter terbuat dari logam terkuat dari bahan titanium berkualitas tinggi. Dia juga akan menggunakan akselerator untuk menyalakan mensin jet sehingga kecepatan 563 kilometer/jam, yang kemudia kecepatan dipacu dengan menyalakan booster roket. Mesin balap akan memompa lebih dari 1 ton hidrogen peroksida kedalam booster untuk melesatkan mobil sehingga 1.690 kilometer/jam dan hanya dibutuhkan akselerasi selama 40 detik. Mobil yang memiliki panjang 12.8 meter dan dengan berat 6,4 ton akan melesat lebih cepat dari proyektil peluru.

Gimana? apa kalian bisa bayangin kalau mobil ini sudah diluncurkan di pasaran? kira2 berapa harganya dan siapa yang akan membelinya yah? Wah,bagaimanapun dunia teknologi didunia sudah semakin maju dengan pesat sekali. Semakin bergerak ke tahun hadapan,perkembangan teknologi akan semakin maju nantinya.
kita tunggu aja kedatangan mobil ini di sekitar kita nantinya,tentu akan menggegarkan dunia tentunya.

No comments: