16 November, 2008

Apa Insulin Itu??

Biasanya kalau kita membicarakan Diabetes,Kita juga harus membicarakan juga tentang Insulin. Karena tanpa Insulin, Diabetes tidak akan dapat dikendalikan. Mengapa? karena Insulin adalah penyebab utama kenapa Glukosa atau gula darah didalam tubuh penderita tidak bisa dikendalikan dengan normal selayaknya orang normal lainnya. Beberapa pakar ahli mengatakan, bahwa jika ingin mengendalikan gula darah agar bisa normal,maka mereka juga harus bisa mengendalikan Insulin dengan baik. Insulin adalah salah satu hormon yang ada didalam setiap tubuh manusia yang dihasilkan oleh Sel Beta Pulau Lengerhans (kalau tidak salah eja) yang berada didalam kelenjar pangkreas manusia. Insulin bisa juga disebut sebagai protein yang berfungsi untuk mengontrol Glukosa atau gula darah dalam tubuh.


Bagaimana sebenarnya Insulin Dihasilkan? Insulin pertama kali dibuat pada tahun 1921 oleh "FREDERICK GRANT BANTING". Sekian lama sudah Insulin dihasilkan dari Ekstraksi pankreas sapi dan babi. Dan dalam perkembangan selanjutnya, Insulin dihasilkan dari ekstraksi biosintetis(mudah2an benar ejaan nya) dan rekayasa genetika yang dapat menghasilkan Insulin yang sama dengan Insulin Manusia.

Bagaimana Insulin itu berfungsi? Pemberian Insulin ini kepada para penderita Diabetes hanya dapat dilakukan dengan cara menyuntikkan Insulin kedalam Tubuh, dan jika diberikan melalui Oral Insulin akan cepat rusak didalam lambung penderita. Setelah disuntikkan, Insulin akan diserap kedalam aliran darah dan dibawa hingga keseluruh bagian tubuh dan disini Insulin akan mulai bekerja menormalkan Gula Darah dan merubah Gula darah menjadi energi didalam tubuh penderita.

Sebagai penderita sendiri,terkadang menyuntikkan Insulin kedalam tubuh memang agak sedikit sakit. Tapi itulah cara yang harus penderita Diabetes lakukan untuk menjaga Glukosa didalam tubuh kita. Tanpa Insulin,Penderita akan merasa sulit bahkan sangat susah untuk mengawal kadar Gula dalam tubuh. Insulin akan disuntikkan kedalam tubuh apabila penderita ingin menikmati suatu hidangan. Dengan proses penyuntikkan ini,Insulin ini akan mengawal kadar gula darah penderita. Jadi,Jangan lah kamu terheran2 apabila melihat seseorang menyuntikkan Insulin kedalam tubuh mereka sebelum makan. Dimana ada Diabetes,Disitulah ada Insulin yang selalu setia menemani hidupnya. Mereka Hidup Sehat dengan Diabetes.

3 comments:

Marx Fathom said...

aku boleh saran kan?
hehehee..

Gimana klo kamu bikin blog lagi..blog khusus ngebahas tentang Diabetes..?

- AaRoz - said...

Ran, lagi siapa yg ada diabetis? =] kok loe lg mint bgt ama diabetis.. =]

oh ya, asih lapar ga? hehehehe~

NduTy88 said...

What...?!
u still hungry kaaah..?
aduh roz..!

hehehehhee..
actually aku yang ada diabets..
makanya tadi waktu makan aku tak mau minum pepsi kaan..
hehehehehhehehehhhehe..