25 November, 2008

Merokok? Siap2 Kencing Manis...

Kencing Manis, inilah alasan lain untuk anda saatnya melempar rokok jauh2. Merokok yang sudah diketahui bisa menyebabkan kanker paru2, serangan jantung dan stroke tentunya. Ini juga meningkatkan resiko bagi jenis Diabetes paling umum. Perokok menghadapi peningkatan 44% untuk terserang Diabetes Type 2 jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. DR. Carole Willi dari University Of Lausanne di Swiss dan temannya menganilisis 25 kajian yang menyelidiki hubungan antara merokok dan Diabetes yang disiarkan antara 1992 dan 2006 lalu dengan sebanyak 1,2 juta peserta yang ditelusuri selama 30 tahun. Mereka mendapati resiko ini bahkan lebih tinggi bagi perokok berat. Mereka yang menghabiskan sedikitnya 20 batang rokok dalam sehari memiliki resiko terserang Diabetes 62% lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok sama sekali dan berhenti merokok akan sangat mengurangi resiko terkenanya Diabetes.

Bekas perokok menghadapi 23% lebih tinggi dibandingkan dengan yang bukan perokok, jauh lebih rendh dibandingkan dengan yang masih menghisap rokok saat ini. Pada tingkat kesehatan masyarakat, ini sangat penting karena peristiwa diabetes secara dramatis sangat meningkat. Makan menghindari Diabetes akan menjadi alasan baik, Namun lain bagi perokok untuk berhenti atau bagi orang yang tidak merokok untuk tidak memulai atau mencoba2 untuk merokok. Diabates Type 2 ini adalah bentuk diabetes yang seringkali berkaitan dengan berat badan, pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tak pernah berubah, Maka menjadi umum ditemui dibanyak negara. Menghisap rokok adalah penyebab utama kematian global yang dapat dicegah dan telah menewaskan yang tak kurang dari 4 Juta orang per tahunnya atau sekitar 9% angka kematian di seluruh dunia.

Selain mengakibatkan paling banyak kasus kanker paru2 serta jenis lain kanker, merokok juga dapat mengakibatkan serangan jantung, stroke, penyakit paru2 kronis dan penyakit lainnya. Konsekuensi dari temuan ini juga penting karena Diabetes dan menghisap rokok adalah faktor resiko utama penyakit jantung dan urat darah. Merokok dapat mengakibatkan kondisi yang tahan terhadap Insulin, ini berarti merokok dapat mencampuri cara tubuh memanfaatkan Insulin. Kebal terhadap Insulin biasanya mengawal Diabetes Type 2.

Jadi,waspadalah bagi yang perokok berat. Merokok dapat menjadikan diri anda sebagai calon penderita Diabetes Type 2 nantinya. Jika anda tidak ingin menderita Diabetes Type 2,maka buanglah jauh2 batang rokok anda dan simpanlah uangnya untuk keperluan anda yang laennya. Merokok tidak ada gunanya untuk tubuh dan kesehatan anda, melainkan merokok dapat merusakan sistem saraf dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang hasilnya uang untuk anda sembuh akan lebih mahal daripada untuk membeli sebungkus rokok. Walaupun Diabetes bukan penyakit yang mengerikan,tapi apa salahnya jika anda bisa mencegah diri anda dari Diabetes. Jadi,sayangilah tubuh anda dan pikirkan orang yang ada disekitar anda.


No comments: