24 November, 2008

Cara Menyimpan dan Jenis Alat Suntik (Syringe) Insulin

Hmmm..kita masih membahas tentang Insulin untuk penderita Diabetes. Sebenarnya Insulin Adalah Sediaan yang stabil apabila disimpan dengan baik. Insulin dalam kemasan yang masih tertutup atau tersegel harus disimpan didalam lemari es pada suhu 2-8 derajat celcuis. Insulin tidak boleh disimpan didalam frezzer karena Insulin yang pernah membeku tidak bisa digunakan lagi. Insulin yang sedang digunakan bisa di simpan dalam suhu kamar sejuk kurang lebih 25 derajat celcius. Faktor yang terpenting yang harus dihindari oleh penderita adalah suhu yang terlalu tinggi dan sinar matahari langsung. Insulin yang terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama akan terurai dan menjadi kekuningan warnanya. Insulin yang sudah berubah warnanya tidak bisa lagi digunakan oleh penderita.
Insulin jangan disimpan ditempat yang mungkin nantinya akan menjadi panas seperti di dalam mobil yang tertutup atau di atas televisi. Insulin juga jangan di kocok terlalu lama karena dianya akan terbentuk gumpalan seperti benang putih dan harus segera dibuang karena Insulin tidak bisa digunakan kembali.

Ada banyak jenis alat suntik Insulin antaranya adalah Siring (syringe) dan jarum. Siring ini adalah bahan kaca yang sulit dibersihkan,mudah pecah dan sering menjadi kurang akurat. Siring yang terbaik itu adalah siring yang terbuat dari plastik yang sekali pakai. Walaupun banyak pasien Diabetes yang menggunakan kebih dari sekali pakai dan sangat disarankan hanya sekali pakai saja setelah itu buanglah jarum suntik ituh.

Kedua adalah, Pena Insulin (Insulin Pen). Siring ini biasanya terlalu merepotkan dan akan kebanyakan pasien diabetes lebih suka menggunakan pena Insulin (contohnya aku aja dech yah,nda usah jauh2). Alat ini praktis, mudah dan menyenangkan karena nyaris tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Alat ini menggabungkan semua fungsi didalam satu alat tunggal.

Dan yang terakhir adalah, Pompa Insulin(Insulin Pomp). Pompa Insulin ini diciptakan untuk menyediakan Insulin secara berkesinambungan. Pompa harus disambungkan kepada Pasien Diabetes, biasanya melalui satu tabung dan jarum dan Gula (Glucose) darah akan terkontol dengan sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Penyakit Diabetes memang agak sedikit ribet tapi asal kita bisa membawanya, dia akan menjadi terasa ringan dan seolah2 Diabetes bukan lagi beban dalam kehidupan mereka. Dan walaupun sering sekali mendengar banyak sekali keluhan (jujur aku juga sering mengeluh), tapi apa seh gunanya mengeluh kalau tidak ada usaha. Jadi,jangan jadikan Diabetes itu menjadi beban hidup yah..!

Keep fight..! Semuanya pasti ada hikmahnya..Ayo Penderita Diabetes,Jangan berpikiran bahwa Penyakit Diabetes adalah KIAMAT dalam hidup kalian.

---RanTy---

No comments: